Trik /tips/ cara mudah /petunjuk menulis postingan pada web/blog




Apabila kita ingin mengethui hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan kita atau hal-hal baru yang sedang “in” tentunya bagi para penhuni dunia maya biasanya mencari dan membaca artikel dalam suatu web/blog.

Tetapi banyak ditemui tulisan yang bertele-tele sehingga kita merasa jenuh karena apa yang di carinya tidak langsung di dapati terjebak dalam kalimat/kata yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Kalau sudah demikian biasanya web/blog tersebut ditinggalkan dan beralih ke web/blog yang lebih mudah untuk “dicerna”. Tentunya kita tidak mau terjadi pada web/blog kita bukan?

Beberapa kiat yang saya dapat dari sumber terpecaya dan pengalaman dalam menulis kiranya dapat membantu anda dalam penulisan artikel. Terutama bagi yang baru memulai menulis dib log.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam penulisan artikel yaitu :

1. Pemilihan tema dan judul
§ Tema : pilihlah tema yamg kita kuasai,yang sedang in,atau yang banyak dicari orang.
§ Judul : buatlah judul yang propokatif dan semenarik mungkin kalau perlu agak “nyeleneh” pun tak mengapa tetapi masih berhubungan dengan tema dan isi tulisan.

2.Isi tulisan
§ Sebaiknya gunakan kata-kata yang / kalimat yang biasa digunakan sehari-hari, disini anda dituntut untuk memilih kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
§ Apabila mengunakan istilah / kata khusus sebaiknya sertakan artinya agar pembaca mengerti.
§ Paragraf sebaiknya ditata sedemikian rupa,jumlah baris sebaiknya sama, kaliamat jangan terlalu panjang,lansung pada masalah.
§ Gunakan garis tebal atau tulisan miring pada kata yanag menjadi focus tulisan atau istilah kusus.
§ Perbanayak referensi sebelum menulis baik gaya tulisan maupun sumber pembahasan dari tulisan anda.

Demikian tips dari saya semoga bermamfaat, apabila tulisan ini kurang memenuhi keinginan anda ,anda dapat mencari dari sumber lainnya.
Selamat menulis…………

0 komentar:

Posting Komentar